Bahaya – Saat Berkendara Hujan

Hai Bro & Sist..Kali ini Mimin mau Share info yah… smoga bisa buat bahan Renungan dan Kiat dalam berkendara… karna keselamatan kita adalah utama..

Salah satu faktor penyebab kecelakaan walaupun persentasenya sangat kecil (1.28%) adalah faktor alam, selain manusia terbesar dan kendaraan tentunya. Hujan adalah contoh dari lingkungan yang tidak dapat dikendalikan tetapi bisa diprediksi.

Resiko berkendara saat cuaca sangat tinggi dan manusia sebagai faktor utama penyebab kecelakaan menjadi kunci untuk mengurangi resiko itu. Ketika dapat memutuskan untuk berhenti adalah terbaik, tetapi aktifitas berkendara tidak dapat dilepaskan dari aktifitas kita..
Ketika hujan, semua orang mempunyai padangan terbatas, akan sedikit “data” potensi bahaya yang dapat ditangkap dan diprediksi apalagi diantisipasi. Hujan juga merupakan bagian dari gangguan eksternal dalam berkendara. Perilaku Pengendara lain ketika memutuskan tetap berkendara akan cenderung agresif khusunya pengendara roda dua karena ingin “cepat” sampai. Efek aquaplaning dimana permukaan roda tidak lagi menapak pada aspal karena terlewatinya genangan menjadi potensi bahaya berikutnya.

Pengendara harus memiliki tingkat kewaspadaan sangat tinggi ketika tetap memutuskan untuk berkendara, pengendalian kendaraan kunci sejak ketika hujan mulai turun, jalan akan sangat licin. Pergerakan kendaraan secara mendadak akan menghilangkan traksi ban ke permukaan jalan, pengendara lain sangat sulit mengantisipasi atau meresponnya.
Ketika jalan berbelok, dorongan sentrifugal jelas berbeda besarnya, efeknya kendaraan dapat melintir ke sisi dalam atau keluar, Pengendara harus merespon dan mengkoreksi dengan mengurangi akselerasi sebelum melakukan manuver berbelok.

Saat jalan basah karena hujan, traksi ban akan berkurang, pengereman mendadak akan sangat berbahaya. Refleks manusia ketika gagal handling kendaraan cenderung injak rem penuh diperparah tanpa adanya fitus ABS.

Nah kita pun dituntut untuk mengetahui kondisi mobil kita..kita harus jeli dan peka apa kekurangan dari kondisi kendaraan kita..misal… di ingat – ingat hal sbb :

– Kondisi,spek dan Usia Ban, mobil /motor kita.

– Kondisi Peranti rem Kita.

– Kondisi Penerangan

– terlebih Kondisi Stamina dan Penglihatan kita..

semua itu harus kita ukur dan sadari ..sesuaikan dengan kondisi tersebut kalo kita tetap memaksa untuk terus berjalan melawan guyuran hujan terutama malam hari. tanpa memperhatikan itu dan memaksa diluar kondisi kemampuan itu waspadalah…. keselamatan anda sedang dipertaruhkan.. ingat orang-orang yang anda cintai menunggu anda.

Sangat berbahaya ketika Pengendara memutuskan tetap berkendara saat hujan. Perlu kewaspadaan dan konsentrasi penuh, ketika Anda tidak dapat melakukan, resiko celaka akan meningkat, berhenti jika perlu untuk memilih SELAMAT dalam berkendara.

Keep Drive and Ride with Safely.

Safely is Not Today but is a Habit

(Reza/hate)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *